10 Tanda Anda Kekurangan Magnesium

Ilustrasi kaki kram.
Apakah Anda tahu tanda-tanda dari kekurangan magnesium? Magnesium dianggap sebagai salah satu mineral paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini juga berperan penting dalam mengatur mineral lain, seperti natrium, kalium dan kalsium.
Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, hal ini tidak bisa disepelekan. Jika tidak ditangani dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan kematian. Kekurangan magnesium terjadi, ketika kita kurang mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, atau tubuh gagal menyerap mineral dari makanan yang kita makan.
Selain itu, kebiasaan buruk seperti minum alkohol juga bisa membuat tubuh Anda kekurangan magnesium. Ada begitu banyak manfaat penting yang didapat dari mineral dan itulah sebabnya penting untuk mengonsumsi dalam jumlah memadai. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui 10 tanda bahwa Anda kekurangan magnesium berikut ini, yang dilansir dari boldsky.com.
1. Gelisah.
Gelisah merupakan salah satu tanda kekurangan magnesium. Sama seperti insomnia, gelisah juga merupakan gejala defisiensi magnesium. Mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium akan mengurangi sedikit kegelisahan Anda, jika penyebabnya karena kekurangan mineral ini.
2. Susah tidur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, magnesium memainkan peranan yang sangat penting dalam menenangkan otak dan membuat Anda tertidur pulas.
3. Tekanan darah.
Magnesium juga dibutuhkan untuk mengatur tekanan darah, kekurangan magnesium dapat menyebabkan hipertensi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang tidak memiliki cukup magnesium, akan kekurangan kalsium juga.
4. Restless Leg Syndrome (Kaki tidak bisa diam bahkan pada saat tidur).
Ini adalah gejala lain dari kekurangan magnesium. untuk mengatasi situasi ini, penting untuk mengonsumsi makanan kaya kalium serta magnesium.
5. Kencing manis.
Bahkan diabetes tipe 2 juga bisa menjadi alasan dari kekurangan magnesium. Selain itu, diabetes dapat menjadi gejala defisiensi magnesium. Mengonsumsi cukup magnesium, dapat mengurangi risiko diabetes.
6. Mudah marah.
Ini adalah salah satu efek samping dari kekurangan magnesium. Kurangnya magnesium juga dapat memengaruhi fungsi harmonis dari sistem saraf pusat. Hal ini dapat menyebabkan iritabilitas, dan jika masalah ini tidak dapat diobati secepatnya, akan mengakibatkan depresi.
7. Kram kaki.
Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami kram kaki, tapi mereka tidak menyadari jika hal ini disebabkan karena kekurangan magnesium, kram kaki merupakan hal yang menyiksa. Magnesium memainkan peranan yang sangat penting dalam kontraksi otot dan sinyal neuromuskuler, kekurangan mineral ini dapat menjadi malapetaka bagi tubuh Anda.
8. Sakit kepala.
Magnesium berperan penting dalam proses neurotransmitter dalam tubuh, kekurangan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala akut.
9. Osteoporosis.
Pada orang tua, kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko osteoporosis, menurut sebuah penelitian. Mungkin gangguan ini dianggap sebagai salah satu gejala defisiensi magnesium.
10. Kelelahan.
Lelah adalah salah satu gejala dari defisiensi magnesium. Orang yang mudah lemah dan lelah adalah pertanda tubuhnya kekurangan magnesium.
Kategori: Kesehatan Tags: