Awas, Makanan dan Minuman Ini Bikin Kamu Cepat Tua

Ilustrasi penuaan dini.

Ada pepatah yang mengatakan, “Anda adalah apa yang Anda makan.” Hal ini juga berlaku untuk kulit. Jika yang Anda konsumsi baik dan sehat, itu yang akan Anda dapatkan untuk kulit Anda.

Jika Anda menjalani diet seimbang, dengan banyak mengonsumi buah-buahan dan sayuran segar, kulit Anda akan terlihat jauh lebih baik. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, hal ini akan menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini dan memperburuk jerawat.
Di sini, bersama-sama akan kita lihat makanan dan minuman yang harus Anda dihindari untuk mendapatkan kulit yang sehat. Anda tidak harus menghindari makanan dan minuman ini, asal dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. 
1. Roti putih, pasta, cake dan lain-lain.
Hal ini juga termasuk mie, pizza dan burger. Semua makanan yang terbuat dari tepung halus memiliki indeks glikemik tinggi. Ketika Anda makan-makanan ini, ada lonjakan kadar glukosa darah yang mengakibatkan Anda harus memproduksi lebih banyak insulin untuk membakar gula ini. Hasilnya adalah peradangan dan jerawat. Glukosa juga akan mengikat kolagen dan elastin di kulit Anda, yang membuatnya menjadi kurang fleksibel. Hal ini menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitas yang menimbulkan garis halus dan kerutan dini. Beralihlah ke gandum, karena gandum dapat melepaskan gula ke dalam darah Anda secara perlahan.
2. Gula.
Gula yang dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh, kopi dan makanan penutup sangat berbahaya bagi kulit. Hal ini menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko terkena infeksi kulit. Gantilah gula dan makanan penutup Anda dengan makanan manis yang lebih alami, seperti buah-buahan, dijamin dapat membangkitkan selera Anda tanpa merusak kulit dan organ lainnya.
3. Alkohol.
Alkohol dapat membuat tubuh dan kulit Anda menjadi kering. Jika minum berlebihan, mata Anda akan terlihat bengkak dan kulit terlihat lebih kusam. Mabuk hanya akan menambah kesengsaraan bagi kulit Anda. Ganti alkohol dengan cairan bening yang lebih sehat, misalnya air kelapa. Atau ganti setiap satu gelas alkohol dengan air putih. Air putih tidak hanya akan menghentikan keinginan Anda untuk terus minum, tetapi juga akan mengurangi dehidrasi.
4. Makanan ringan yang diproses.
Keripik, biskuit, dan makanan sampah lainnya yang sarat dengan garam dan gula. Garam berlebihan menyebabkan retensi cairan dalam tubuh Anda, sehingga mata Anda akan menjadi bengkak pada keesokan harinya. Gula bisa menimbulkan jerawat dan penuaan kulit dini. Saat makanan diproses, semua kebaikan alami yang terkandung dalam makanan hilang, hasilnya adalah makanan ringan yang memiliki nilai kalori tinggi tetapi sangat rendah gizi. Ambilah camilan buah-buahan yang memiliki nilai gizi yang tinggi.
5. Kafein.
Kafein menyebabkan kulit mengalami dehidrasi yang membuatnya terlihat kering. Kafein berlebihan juga dapat mempercepat penuaan kulit. Bila dikonsumsi pada sore hari, akan membuat Anda sulit tidur yang akan memperburuk masalah kulit Anda. Ganti kopi Anda dengan secangkir teh hijau, karena tidak hanya akan melembabkan kulit Anda, tetapi juga memberikan antioksidan ekstra.
6. Pemanis buatan.
Aspartam cukup populer saat pertama kali diluncurkan. Idenya untuk mendapatkan pemanis tanpa efek berbahaya dari gula. Sayangnya, pemanis buatan ini mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan masalah hati. Lebih baik makan sedikit gula, daripada mengonsumsi pemanis buatan ini. Lebih baik lagi, mendapatkan rasa manis dari gula alami, seperti yang ada dalam buah-buahan.
7. Minuman berkarbonasi.
Minuman yang satu ini mengandung beban gula yang sangat tinggi. Glukosa yang dihasilkan dapat menyebabkan jerawat dan penuaan dini. Minuman ini juga sarat dengan banyak kalori dan nol gizi. (Sumber)
Kategori: Kesehatan Tags: