Periksa Kesehatan Tubuh Anda Sendiri dalam 60 Detik

Wanita hembuskan hidung ke tisu.
Kesehatan menjadi kunci penting setiap orang untuk menjalankan aktivitas setiap hari. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, sebagai tindakan pencegahan sebelum penyakit menjangkiti Anda.
Anda dapat memeriksa kondisi tubuh Anda sendiri, tanpa harus ke dokter, hanya dalam waktu 60 detik saja. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan, yang akan membantu Anda mengetahui kondisi fisik Anda.
Luangkan waktu Anda untuk melakukan cek ini, karena kesehatan merupakan aset berharga untuk Anda. Selain itu, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Berikut beberapa pemeriksaan fisik yang bisa Anda terapkan.
1. Menghembuskan lendir dari hidung.
Kondisi pernapasan yang normal dapat ditunjukkan dari kondisi selaput lendir hidung yang juga normal. Hembuskan hidung Anda ke tisu, jika tidak terdapat apa-apa, berarti selapur lendir Anda sehat. Tetapi, jika Anda mengeluarkan lendir air, mungkin Anda mengalami iritasi. Jika warna lendir kekuningan atau kehijauan, ini berarti Anda mengalami peradangan yang membutuhkan perawatan.
2. Pemeriksaan urine.
Jika Anda dalam kondisi yang sehat, urine Anda berwarna kuning jernih. Jika warna urine Anda terlalu keruh, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.
3. Pemeriksaan kuku.
Kuku yang sehat akan terlihat kuat, bersih dan transparan. Jika terjadi perubahan pada kuku Anda, berarti terjadi beberapa masalah kecil bahkan bisa juga menjadi masalah besar. Bintik-bintik kuning pada kuku menunjukkan infeksi, sedangkan bintik putih menunjukkan kurangnya vitamin.
4. Periksa sisir rambut Anda.
Jika rambut Anda rontok dalam jumlah besar dan menggumpal, maka sudah saatnya untuk mengunjungi dokter.
5. Pemeriksaan tahi lalat.
Kanker kulit merupakan penyakit yang paling umum untuk wanita yang berusia antara 20-29 tahun. Jika Anda melihat beberapa perubahan yang tidak biasa pada kulit, bintik-bintik dan depigmentasi, cobalah berbicara dengan dokter kulit.
6. Periksa benang gigi setelah Anda membersihkan gigi.
Terlepas dari menyikat gigi, flossing merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi. Bila di benang gigi Anda terdapat darah, jangan khawatir, hal tersebut menunjukkan jika Anda hipersensitif. Tapi, jika pendarahan setelah pembersihan tidak berhenti, berkonsultasilah ke dokter gigi Anda.
Sumber: Healthy Food Team
Kategori: Kesehatan Tags: