Ini yang Terjadi Jika Anda Tidak Bersihkan AC Secara Teratur

Bakteri Legionella dalam AC.
Saat cuaca panas seperti sekarang ini, satu cara yang paling efektif untuk menyejukkan diri adalah dengan menyalakan AC. Kebanyakan orang akan melakukan hal yang sama untuk menyelamatkan dirinya dari panas yang tak tertahankan.
Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa menyegarkan diri dengan AC bukanlah cara yang tepat dan bahkan berbahaya. Pasalnya, pemeliharaan yang tidak teratur menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan menjadi lahan subur bagi banyak bakteri dan jamur.
Inhalasi dalam AC dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Salah satu bakteri yang berbahaya adalah Legionella, yang mengarah pada pneumonia berat dan bisa berakibat fatal. Infeksi ini terjadi ketika bakteri dalam bentuk tetesan dari AC terhirup dan berakhir di paru-paru.
Penyakit Legionnaires terbentuk dalam waktu 2-10 hari. Penyakit ini ditandai dengan tubuh terasa lemah, mengantuk dan sakit kepala. Setelah itu, suhu tubuh Anda akan meningkat hingga lebih dari 40 derajat, mengalami batuk kering dan sakit kepala, dan akhirnya menderita pneumonia. 
Dalam kasus yang paling parah dari penyakit ini dapat merusak sistem saraf pusat, dan jika penyakit ini tidak segera diobati, angka kematian muncul antara 15-25 persen.
Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, pasien dengan penyakit kronis, perokok dan pecandu alkohol harus benar-benar memerhatikan hal ini. Pria juga sangat rentan terhadap penyakit ini.
Membersihkan AC secara teratur dan mengganti filter dalam, dapat mencegah virus dan bakteri, dan tentunya dari penyakit ini. Direkomendasikan untuk membersihkannya setahun sekali, biasanya sebelum musim panas, Anda harus memanggil tukang AC.
Sumber: Healthy Food Team
Kategori: Kesehatan Tags: